Mungkin pernah dialami oleh bunda ketika si kecil mengalami hal yang kelihatannya tak begitu bermasalah besar namun dapat merugikan si kecil yang merasakan, lebih-lebih untuk yang baru lahir seperti di usia 1 bulan. Perkara itu adalah terjadi perut kembung pada bayi. Hal ini tampaknya tidak ada sebab yang jelas pada penyebab fisik bayi, namun bisa membuat si kecil menjadi menangis saat terjadi sesuatu yang tidak nyaman pada dirinya. Bisa jadi itulah penyebabnya yang sepintas tidak terjadi suatu yang buruk pada perutnya. Bayi yang mengalami kembung pada perutnya karena ada beberapa hal, mungkin masuk angin atau sebagainya. Ada berbagai cara untuk mengatasi perut kembung pada bayi usia 1 bulan. Diantaranya adalah.

  1. Berilah ASI dari bunda secara intensif dan berkelanjutan, karena di usia 1 bulan itu belum waktunya untuk diberi makanan dan minuman di luar ASI itu.
  2. Usahakan bagi bunda selalu mengonsumsi makanan sehat dan bergizi, namun tidak dimakan dengan cara yang berlebihan. Hindari pula makanan yang mengandung unsur gas seperti brokoli, kubis, kacang-kacangan dan bawang-bawangnya agar tidak terjadi perut kembung pada bayi. Karena makanan yang dikonsumsi juga bisa mempengaruhi pada ASI yang akan diminum oleh bayi 1 bulan itu sendiri

Pada dua tips ini harusnya dilakukan atau dirawat dengan ekstra hati-hati, karena pada bayi yang masih berumur 1 bulan ini cenderung sensitif dan rentan terhadap segala hal, sehingga mudah terserang penyakit dan alergi. Organ-organ tubuhnya baik bagian luar maupun dalam belum terbentuk sempurna.

Nah itulah beberapa cara mengatasi perut kembung pada bayi yang berumur 1 bulan. Meski tampaknya baik-baik saja, ini juga bisa membahayakan si kecil bila dibiarkan. Untuk tindak lanjutnya perlu diberi minyak telon khusus bayi yang terbukti dari uji lab secara klinis terbuat dari bahan yang aman dan nyaman seperti Zwitsal Baby Natural Minyak Telon. Oleskan pada bagian perut bayi yang sedang mengalami kembung.

Iklan