Mengatur keuangan saat lebaran idul fitri – Hari Raya Idul Fitri merupakan hari dimana umat Islam merayakan kemenangan atas ibadah puasa yang telah dijalankan selama satu bulan.

Selama bulan puasa, kebutuhan akan pangan menjadi kebutuhan yang harus dipenuhi sehingga jumlah anggaran belanja pada saat bulan puasa akan meningkat dibandingkan dengan bulan-bulan biasanya. Pada bulan puasa, masyarakat umumnya menggunakan sebagian waktu menjelang Lebaran Idul Fitri dengan berbelanja makanan hingga belanja baju baru. Kebutuhan tersebut membuat masyarakat harus pintar-pintar mengatur keuangan menjelang Hari Raya guna menghindari pengeluaran yang berlebih. Dengan mengatur keuangan tersebut, masyarakat dapat menggunakan uang yang tersisa untuk ditabung sehingga dapat digunakan pada waktu yang tepat.

Mengatur keuangan saat Lebaran Idul Fitri tentunya sangat bermanfaat bagi mereka yang tidak ingin menghamburkan uang untuk sesuatu yang tidak bermanfaat. Apalagi bagi mereka yang telah berkeluarga, perencanaan keuangan saat Lebaran merupakan faktor penting guna memenuhi kebutuhan setiap anggota keluarga.

Sebelumnya cari tahu disini >> Etika yang baik di hari idul fitri terhadap keluarga

Berikut cara mengatur keuangan menjelang Hari Raya Idul Fitri:

Mengatur keuangan saat hari besar, seperti Hari raya idul fitri dimisalkan ini tidaklah mudah. Untuk itu, apa saja yang perlu dipikirkan. Inilah dibawah yang bisa kami rekomendasi untuk Anda yang sudah mengontrol pengeluarannya.

• Berbelanja dengan lebih bijak.

Ada baiknya, Anda tidak membeli barang yang tidak dibutuhkan. Jangan mudah tergiur dengan potongan harga yang besar untuk barang yang tidak Anda butuhkan. Untuk menghindari hal tersebut, ada baiknya Anda mencatat barang-barang apa saja yang akan Anda beli. Cara ini merupakan cara yang tepat untuk mengontrol keuangan Anda dengan benar.

• Bandingkan harga barang.

Untuk melancarkan keuangan Anda menjelang hari Raya Lebaran Idul Fitri, membandingkan harga barang antara tempat satu dengan tempat yang lain merupakan cara yang terbaik. Biasanya, harga barang satu tempat dengan tempat yang lain memiliki perbandingan harga yang signifikan. Anda hanya perlu memilih tempat yang menjual barang dengan harga yang termurah.

• Menabung saat menjelang Hari Raya Idul Fitri.

Mengingat kebutuhan saat Hari Raya Idul Fitri yang begitu banyak, perencanaan keuangan harus dimulai sejak dini. Tidak ada salahnya jika Anda memulai menabung jauh sebelum Bulan Ramadhan tiba. Dengan menabung sedini mungkin, segala macam kebutuhan saat Hari Raya Lebaran Idul Fitri dapat terpenuhi dengan baik.

Bukanlah lah yang mudah dalam mengatur keuangan menjelang Hari Raya Leberan Idul Fitri. Apalagi jika Anda merupakan sosok yang mudah tergiur dengan barang diskon yang bagus. Selama masa mengatur keuangan menjelang Lebaran Idul Fitri, Anda diharuskan mengontrol keinginan untuk berbelanja. Anda dapat memulai kegemaran Anda berbelanja setelah Hari Raya Idul Fitri berlalu. Setelah Hari Raya Leberan Idul Fitri berlalu, harga barang dipasaran akan dijual dengan harga yang wajar. Berbeda denga harga barang yang dijual saat menjelang Lebaran, biasanya harga barang-barang tersebut dihargai dengan harga yang jauh lebih mahal dibanding dengan hari biasanya. [Jangan lupakan manfaat dari bersilaturahmi dalam kehidupan].

Iklan