Bersilaturrahmi adalah hal yang tepat dan sangat baik diterapkan. Bersilaturahmi tidak hanya berlaku di saat hari besar seperti Idul Fitri, Idul Adha, Natal, dan lain sebagainya. Nah, dikali ini kami mencoba memberikan cara tepat bersilaturahmi disaat Lebaran Idul Fitri.

Merayakan hari raya lebaran idul fitri bagi kaum muslimin setelah berpuasa wajib sebulan penuh adalah suatu kemenangan yang selalu dinanti. Selain adanya kupat sebagai ciri makanan, kaum muslim juga melakukan silaturrahmi kesanak saudara yang didekat rumah dan jauh dari rumah.

Bersilaturrahmi dilakukan setelah sholat Id. Tidak hanya bersilaturrahmi saling mengunjungi saja yang dilakukan, namun dibarengi dengan memohon maaf atas dosa yang dilakukan baik disengaja maupun yang tidak disengaja. Biasanya orang pertama yang harus kita temui adalah kedua orang tua, karena mereka lah kita hidup dengan baik. Jika kedua orang tua jauh diluar daerah, dan anda tidak bisa mudik, maka memohon maaf bisa dilakukan via telepon.

Ketika anda bersilaturrahmi, maka etika wajib anda bawa dimanapun anda berada. Etika dan cara yang tepat ketika bersilaturrahmi yang baik antara lain :

1. Ramah

Ketika bersilaturrahmi selalu tampilkan wajah ceria dan ramah, seperti tersenyum.

2. Sopan

Hormatilah tuan rumah yang anda kunjungi, caranya bisa dengan berpakaian sopan dan tertutup jika anda bersilaturrahmi.

3. Menghargai

Hal ini juga sangat perlu. Ketika diajak berbincang, maka jangan terlalu mendominasi. Hal ini bisa terjadi setiap diri kita. Nah, bagi Anda salah satu termasuk orang yang bicara terlalu lancar. Maka mulailah untuk merem perkataannya.

4. Kurangi makan banyak

Jangan terlalu makan banyak, karena masih banyak saudara yang akan dikunjungi.

5. Ucapkan terimakasih

Ketika berpamitan, jika Anda berlepas rindu atau silaturahmi maka ucapkanlah terimakasih atas diterima dengan baik.

Dan yang perlu anda ketahui bahwa biasanya ketika anda bersilaturrahmi, maka bersilaturrahmi ke orang yang lebih tua dahulu yang harus anda dahulukan. Dan jika ada saudara atau teman yang melakukan acara open house alangkah baiknya saling memperkenalkan satu sama lain agar lebih memperbanyak teman dan suasana akan cair.

Bila Anda tidak ada kesempatan mengunjungi ke banyak lokasi untuk bersilaturahmi saat lebaran idul fitri, maka mengucapkan dengan pesan juga sudah menjadi salah satu hal yang baik. Nah, bila ingin mencoba dalam ini, maka cobalah cara ini >> Ucapan selamat hari lebaran idul fitri.

Sebuah hadis nabi dari HR Bukhori mengatakan bahwa “ Barangsiapa yang senang untuk dilapangkan rizkinya dan diakhirkan ajalnya ( dipanjangkan umur), maka hendaklah ia menyambung (tali) silaturrahmi”, maka dapat disimpulkan bahwa ketika anda melakukan silaturrahmi maka anda akan dibeli rizki yang melimpah dan umur yang panjang, namun umur yang panjang bisa juga dikatakan bahwa jika seseorang sering bersilaturrahmi dan melakukan kebaikan kebaikan, maka namanya akan tetap harus walaupun sudah meninggal.

Ada lagi manfaat yang bisa diambil ketika anda melakukan silaturrahmi, antara lain mendapatkan ridho oleh Allah SWT, membuat orang yang anda kunjungi bahagia, ada hadist rosul yang mengatakan amal yang paling utama adalah membuat seseorang bahagia, membuat orang yang sudah meninggal senang, karena melihat sanak saudara atau anak anak yang ditinggalkan berhubungan dengan baik, setan atau iblis akan marah, membuat malaikat senang karena mereka menyukai silaturrahmi, dan pahala akan selalu mengalir, karena banyak orang yang mendoakan atas kebaikan kebaikannya ketika bersilaturrahmi.

Dengan uraian diatas mulailah bersilaturrahmi dan melakukan segala sesuatu dengan kebaikan.

Iklan